Renstra dan IKU

Sasaran yang ingin dicapai oleh PS Peternakan dalam usaha untuk mencapai visi misi
dibagi menjadi 4 tahapan sebagai berikut :

  1. Sasaran tahun 2005-2008 : Pengembangan standar BAN-PT PS Peternakan dalam rangka Studi Kelayakan PS Peternakan dan pengurusan Ijin Operasional PS Peternakan.
  2. Sasaran tahun 2009-2012 : Peningkatan standar BAN-PT PS Peternakan dalam rangka akreditasi I PS Peternakan dan Perencanaan pengembangan program studi.
  3. Sasaran tahun 2013-2017 : Peningkatan standar BAN-PT PS Peternakan dan penyiapan Sarana dan Prasarana dalam rangka kesiapan untuk menjadi Fakultas.
  4. Sasaran tahun 2018-2022 : Peningkatan standar BAN-PT PS Peternakan dalam rangka mempertahankan nilai Akreditasi A dan pencapaian beberapa ISO

Strategi pencapaian sasaran PS Peternakan tahun 2013-2017

Strategi pencapaian sasaran pada tahun 2013 -2017 dibagi menjadi tahapan dibagi menjadi 3 tahap sebagai berikut :

Tahap 1 (tahun 2013-2014) : Penyiapan sarana dan prasarana laboratorium, penyiapan gedung dan peningkatan standar BAN-PT.

Tahap 2 (tahun 2015-2016) : Penambahan jumlah laboratorium, optimalisasi penggunaan peralatan dan peningkatan standar BAN-PT. Indikator capaian sasaran tahun 2013-2016

Indikator capaian sasaran tahun 2013-2016

Tata pamong, kepemimpinan, sistem pengelolaan dan penjaminan mutu

  1. Penguatan tata kelola dan manajemen PS Peternakan
  2. Terbentuknya Unit Jaminan Mutu (UJM) PS Peternakan yang merupakan lembaga penjaminan mutu di tingkat program studi.
 

Mahasiswa dan lulusan

  1. Rata-rata Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) lulusan yang berada pada kisaran 2,75 sd 3,5 sebanyak 47 orang (85,71 %) dan IPK lulusan pada kisaran diatas 3,5 sebanyak 5 orang (10,72 %), sedangkan mahasiswa dengan IPK kelulusan < 2,75 hanya sebanyak 2 mahasiswa atau sekitar 3, 57 %
  2. Mampu diperolehnya hibah PKM Mahasiswa dari tahun 2013 sampai dengan 2016
  3. Terseleksinya Himpunan Mahasiswa Peternakan dalam program kompetitif nasional bidang pengabdian masyarakat (PHBD, Program Hibah Bina Desa)
 

Sumber daya manusia

  1. Penambahan staf pengajar (an Surya Nur Rahmatullah, SPt, MSi)
  2. Penugasan belajar jenjang S3 ke luar negeri (Walailak University,Thailand, an Suhardi, SPt, MP dan Ari Wibowo, SPt, MSi)
  3. Keikutsertaan short course training ke PTC+ The Netherland (an drh. Fikri Ardhani, SKH, MSc).
 

Kurikulum, pembelajaran, dan suasana akademik

  1. Terlaksananya evaluasi kurikulum setiap 5 tahun sekali dan tersusunnya kurikulum berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI).
  2. Terjalinnya kerjasama dengan lembaga Australia (NTCA, Northern Theritory Cattlements Australia) dan ISPI (Ikatan Sarjana Peternakan Indonesia) dalam program magang/PKL mahasiswa.
  3. Terlaksananya seleksi perekrutan alumni sebagai tenaga professional bersama dengan perusahaan peternakan di PS Peternakan.
  4. Terselenggaranya pelatihan laboratorium minimal satu tahun sekali (analisis molekuler (RT PCR, electrophoresis), mycotoxin, dan bomb calorimeter) baik untuk laboran, mahasiswa dan dosen.
  5. Terlaksananya kuliah umum dengan narasumber dari dalam dan luar negeri minimal 2 kali setahun.
 

Pembiayaan, sarana prasarana dan sistem informasi

  1. Terbentuknya laboratorium Produksi dan Teknologi Peternakan sebagai pengembangan baru laboratorium Nutrisi Ternak.
  2. Bertambahnya unit dan jenis kandang (kandang ayam petelur dan kandang kelinci) serta peralatan laboratorium (seperti peralatan RT PCR, electrophoresis DNA, electrophoresis protein, mycotoxin analyzer, bomb calorimeter, dll) yang digunakan oleh mahasiswa dan dosen baik dalam praktikum maupun penelitian.
  3. Tersedianya jaringan internet gratis (wifi) di laboratorium, perpustakaan, dan ruang baca, maupun ruang dosen.
  4. Tersedianya ruang rapat dan diskusi khusus PS Peternakan.
 

Penelitian, pelayanan/pengabdian pada masyarakat

  1. Jumlah penelitian yang bersifat kompetitif nasional setiap tahun minimal 2 kegiatan untuk dosen dan 1 kegiatan untuk mahasiswa, serta minimal 50% dosen melakukan publikasi ilmiah baik pada jurnal, prosiding, maupun buku ber-ISBN
  2. Jumlah pengabdian pada masyarakat yang bersifat kompetitif bersifat nasional minimal 1 kegiatan untuk dosen dan minimal 3 kegiatan yang sumber pendanaannya hasil kerjasama dengan instansi/lembaga non universitas.

Tahap 3 (tahun 2017) : Evaluasi dan peningkatan standar BAN-PT yang tertuang dalam program kerja PS Peternakan. Pada tahun 2017 disusun program kerja yang meliputi :

Tata pamong, kepemimpinan, sistem pengelolaan dan penjaminan mutu

  1. Penguatan sistem tata kelola PS Peternakan
  2. Pengembangan fungsi Unit Jaminan Mutu (UJM) PS Peternakan melalui monitoring dan evaluasi tahunan.
 

Mahasiswa dan lulusan

  1. Penyempurnaan profil lulusan
  2. Pendampingan kegiatan PKM, PHBD dan kegiatan magang ke Australia melalui program NTCA Indonesia-Australian Pastoral Program (NIAPP)
  3. Mengikutsertakan mahasiswa dalam kegiatan Ikatan Senat Mahasiswa Peternakan Indonesia (ISMAPETI)
  4. Perbaikan data base mahasiswa dan alumni
  5. Percepatan waktu studi mengingat kebutuhan karyawan oleh perusahaan peternakan yang belum dapat terpenuhi.
 

Sumber daya manusia

  1. Penambahan jumlah dosen melalui rekruitmen dosen baru
  2. Peningkatan kompetensi dosen melalui studi lanjut S3 dan non degree training seminar, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.
  3. Mengembangkan budaya penelitian untuk menghasilkan luaran berupa publikasi/jurnal/seminar di tingkat nasional maupun internasional, serta hak paten
  4. Peningkatan kompetensi tenaga administrasi admin dan laboran PS Peternakan melalui pemanfaatan program pelatihan yang direncanakan oleh Universitas melalui WR I.
 

Kurikulum, pembelajaran, dan suasana akademik

  1. Mempersiapkan pelaksanaan kurikulum KKNI
  2. Memberdayakan laboratorium untuk menunjang pendidikan dan penelitian (Laboratory based education and research).
  3. Peningkatan interkasi akademik dosen dan mahasiswa
  4. Tindak lanjut terhadap kuesioner evaluasi perkuliahan dari mahasiswa.
  5. Mengadakan kuliah tamu berasal dari alumni, para pakar, industry peternakan dan perguruan tinggi baik dari dalam maupun luar negeri.
 

Pembiayaan, sarana prasarana dan sistem informasi

  1. Penambahan jumlah pustaka yang relevan dan berkualitas
  2. Peningkatan sarana dan prasarana laboratorium
  3. Peningkatan perolehan dana perawatan dan operasional sarana dan prasarana.
  4. Pemanfaatan gedung PS Peternakan dan penambahan sarana dan prasarana gedung yang telah selesai dibangun.
 

Penelitian, pelayanan/pengabdian pada masyarakat

  1. Peningkatan perolehan dana penelitian dan pengabdian masyarakat baik lokal maupun nasional dari KEMENRISTEKDIKTI dan instansi lain (misalnya Kementerian Pertanian (KP4S) dan Kementerian Kesehatan (Riset Tanaman Obat dan Jamu)
  2. Peningakatan keterlibatan mahasiswa dalam kegiatan penelitian dan pengabdian pada masyarakat
  3. Peningkatan publikasi hasil penelitian pada jurnal terakreditasi.
  4. Sasaran tahun 2018-2022 : Peningkatan standar BAN-PT PS Peternakan dalam rangka mempertahankan nilai Akreditasi A.

Tata pamong, kepemimpinan, sistem pengelolaan dan penjaminan mutu

  1. Penguatan sistem tata kelola PS Peternakan, penyempurnaan manual prosedur
  2. Pengembangan fungsi Unit Jaminan Mutu (UJM) PS Peternakan melalui monitoring dan evaluasi tahunan
  3. Penguatan manajemen internal PS Peternakan (perencanaan, manajemen keuangan, sistem informasi berbasis teknologi informasi).

Mahasiswa dan lulusan

  1. Penyempurnaan profil lulusan
  2. Pendampingan dan pengoptimalan kegiatan PKM 5 bidang dan PKM AI, PIMNAS, program PHBD dan kegiatan magang ke perusahaan Industri Peternakan skala nasional dan internasional
  3. Mengikutsertakan mahasiswa dalam kegiatan Ikatan Senat Mahasiswa Peternakan Indonesia (ISMAPETI)
  4. Perbaikan data base mahasiswa dan alumni
  5. Mempertahankan waktu studi mahasiswa PS Peternakan tetap <5 tahun.

Sumber daya manusia

  1. Penambahan jumlah dosen melalui rekruitmen dosen baru sesuai dengan kebutuhan keilmuan PS Peternakan.
  2. Peningkatan kompetensi dosen melalui studi lanjut S3 dan non degree training, seminar nasional dan internasional, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.
  3. Mengembangkan budaya penelitian untuk menghasilkan luaran berupa publikasi/jurnal/seminar di tingkat nasional maupun internasional, serta hak paten
  4. Peningkatan kompetensi tenaga administrasi dan laboran PS Peternakan melalui program pelatihan mandiri dan hibah DIKTI.

Kurikulum, pembelajaran, dan suasana akademik

  1. Pelaksanaan kurikulum KKNI dan
  2. Memberdayakan laboratorium untuk menunjang pendidikan dan penelitian (Laboratory based education and research).
  3. Peningkatan interaksi akademik dosen dan mahasiswa
  4. Tindak lanjut terhadap kuesioner evaluasi perkuliahan dari mahasiswa
  5. Mengadakan kuliah tamu dengan pembicara berasal dari alumni, para pakar, industri peternakan dan perguruan tinggi baik dari dalam maupun luar negeri.

Pembiayaan, sarana prasarana dan sistem informasi

  1. Penambahan jumlah jurnal bereputasi yang dapat diakses secara online
  2. Peningkatan sarana prasarana Proses Belajar Mengajar (PBM) sehingga suasana belajar lebih kondusif.
  3. Peningkatan pemanfaatan peralatan laboratorium untuk kalangan public dan industri.
  4. Peningkatan perolehan dana perawatan dan operasional sarana dan prasarana.
  5. Pemanfaatan gedung PS Peternakan dan penambahan sarana dan prasarana gedung yang telah selesai dibangun.

Penelitian, pelayanan/pengabdian pada masyarakat

  1. Peningkatan perolehan dana penelitian dan pengabdian masyarakat baik lokal maupun nasional dari Kemenristekdikti dan instansi lain dalam dan luar negeri
  2. Peningkatan keterlibatan mahasiswa dalam kegiatan penelitian dan pengabdian pada masyarakat
  3. Kolaborasi kegiatan penelitian antara PS Peternakan dengan kalangan industri peternakan.

Strategi pencapaian sasaran PS Peternakan tahun 2018-2022

Tata pamong, kepemimpinan, sistem pengelolaan dan penjaminan mutu

  1. Penguatan sistem tata kelola PS Peternakan, penyempurnaan manual prosedur
  2. Pengembangan fungsi Unit Jaminan Mutu (UJM) PS Peternakan melalui monitoring dan evaluasi tahunan
  3. Penguatan manajemen internal PS Peternakan (perencanaan, manajemen keuangan, sistem informasi berbasis teknologi informasi).
 

Mahasiswa dan lulusan

  1. Penyempurnaan profil lulusan
  2. Pendampingan dan pengoptimalan kegiatan PKM 5 bidang dan PKM AI, PIMNAS, program PHBD dan kegiatan magang ke perusahaan Industri Peternakan skala nasional dan internasional
  3. Mengikutsertakan mahasiswa dalam kegiatan Ikatan Senat Mahasiswa Peternakan Indonesia (ISMAPETI)
  4. Perbaikan data base mahasiswa dan alumni
  5. Mempertahankan waktu studi mahasiswa PS Peternakan tetap <5 tahun.
 

Sumber daya manusia

  1. Penambahan jumlah dosen melalui rekruitmen dosen baru sesuai dengan kebutuhan keilmuan PS Peternakan.
  2. Peningkatan kompetensi dosen melalui studi lanjut S3 dan non degree training, seminar nasional dan internasional, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.
  3. Mengembangkan budaya penelitian untuk menghasilkan luaran berupa publikasi/jurnal/seminar di tingkat nasional maupun internasional, serta hak paten
  4. Peningkatan kompetensi tenaga administrasi dan laboran PS Peternakan melalui program pelatihan mandiri dan hibah DIKTI.
 

Kurikulum, pembelajaran, dan suasana akademik

  1. Pelaksanaan kurikulum KKNI dan
  2. Memberdayakan laboratorium untuk menunjang pendidikan dan penelitian (Laboratory based education and research).
  3. Peningkatan interaksi akademik dosen dan mahasiswa
  4. Tindak lanjut terhadap kuesioner evaluasi perkuliahan dari mahasiswa
  5. Mengadakan kuliah tamu dengan pembicara berasal dari alumni, para pakar, industri peternakan dan perguruan tinggi baik dari dalam maupun luar negeri.
 

Pembiayaan, sarana prasarana dan sistem informasi

  1. Penambahan jumlah jurnal bereputasi yang dapat diakses secara online
  2. Peningkatan sarana prasarana Proses Belajar Mengajar (PBM) sehingga suasana belajar lebih kondusif.
  3. Peningkatan pemanfaatan peralatan laboratorium untuk kalangan public dan industri.
  4. Peningkatan perolehan dana perawatan dan operasional sarana dan prasarana.
  5. Pemanfaatan gedung PS Peternakan dan penambahan sarana dan prasarana gedung yang telah selesai dibangun.
 

Penelitian, pelayanan/pengabdian pada masyarakat

  1. Peningkatan perolehan dana penelitian dan pengabdian masyarakat baik lokal maupun nasional dari Kemenristekdikti dan instansi lain dalam dan luar negeri
  2. Peningkatan keterlibatan mahasiswa dalam kegiatan penelitian dan pengabdian pada masyarakat
  3. Kolaborasi kegiatan penelitian antara PS Peternakan dengan kalangan industri peternakan.

Sasaran Program dan Indikator Kinerja Program 2019-2023

Sasaran strategis 1: Meningkatnya pencapaian visi, misi, dan tujuan kelembagaan melalui desain program yang sesuai dan evaluasi target antara (milestones).

Sasaran Program

Indikator Kinerja Program

1.1 Menuju prodi terakreditasi Unggul melalui penerapan standar nasional pendidikan tinggi

1.2 Melakukan evaluasi tahunan terhadap pelaksanaan program dan perencanaan penganggaran

1.1.1 Kegiatan-kegiatan akademik yang terintegrasi 100% tahun 2023

1.1.2 Meningkatnya jumlah prodi terakreditasi unggul 100% tahun 2023

1.1.3 Meningkatnya jumlah mahasiswa asing atau dari PT lain Kuliah di Faperta Unmul 224 tahun 2023

1.2.1 Dokumen evaluasi dan rencana operasional tahunan disusun berdasarkan paradigma peningkatan akreditasi, penguatan SDM, dan peningkatan prestasi
mahasiswa di semua program studi (100% tahun 2023)

Sasaran strategis 2: Menguatnya keorganisasian melalui kepemimpinan yang efektif, pengelolaan fakultas yang transparan, aspiratif, dan kolegial, serta penjaminan mutu yang konstruktif.

Sasaran Program

Indikator Kinerja Program

2.1 Meningkatkan efisiensi perencanaan dan penyerapan
penganggaran

2.2 Meningkatkan akuntabilitas dan transparansi laporan
pertanggungjawaban keuangan

2.3 Meningkatkan peran GJM dalam implementasi SPMI di
Faperta

2.4 Mendorong peningkatan peringkat akreditasi pada lima
prodi di Faperta

2.1.1Perencanaan dan penyerapan anggaran PNPB dan BOPTN dengan mengacu pada peningkatan kualitas sarana dan prasarana pemelajaran, akreditasi, penguatan kapasitas SDM, dan peningkatan prestasi mahasiswa di semua program studi (100 %)

2.2.1Dokumen laporan pertanggungjawaban keuangan fakultas dapat diakses oleh sivitas akademika (100 %)

2.3.1GJM berperan dalam peningkatan kurikulum, kapasitas pengajaran dosen,
dan proses evaluasi pembelajaran tahunan (100 %)

2.3.2Meningkatnya jumlah dan aksesibilitas dokumen prosedur operasional standar yang mencakup seluruh kegiatan akademik, standar pelayanan minimal, standar biaya jasa laboratorium dan lainnya (100 %)

2.3.3Diterapkan monitoring dan evaluasi prosedur operasional standar (100 %)

2.4.1.Terbentuknya Unit Pengelola Program Studi (100 %)

Sasaran strategis 3: Meningkatnya mutu akademik dan soft skill mahasiswa untuk menjadi lulusan yang berdaya guna dan berdaya saing dalam bidang pertanian tropika basah di era masyarakat ekonomi global

Sasaran Program

Indikator Kinerja Program

3.1 Meningkatkan daya saing mahasiswa dan lembaga
kemahasiswaan

3.2 Meningkatkan persentase lulusan bersertifikat
kompetensi termasuk di dalamnya Surat Keterangan pendamping Ijasah

3.3 Meningkatkan jumlah mahasiswa peraih emas/
penghargaan tingkat nasional dan internasional

3.4 Meningkatkan persentase lulusan langsung bekerja

3.5 Meningkatkan peminatan mahasiswa terhadap PKM,
Transfer Kredit, KKN Internasional dan LKTI

3.6 Ditetapkannya kebijakan peraturan dan standar
kegiatan kemahasiswaan dan alumni

3.1.1Daya saing mahasiswa meningkat dilihat dari penurunan masa tunggu kerja dan peningkatan presentase lulusan bekerja di bidang profesinya menjadi 3 bulan

3.1.2Pemantauan dan pembimbingan pelaksanaan kegiatan akademik rutin tahunan kemahasiswaan 100%

3.1.3Melakukan konversi nilai dari kegiatan program PHBD ke KKN, Bina desa ke KKN, LKTI ke PKL 315 mahasiswa tahun 2023

3.1.4Meningkatnya hibah dan/atau stimulan penelitian untuk mahasiswa 140 mahasiswa 2023

3.1.5Meningkatnya keterlibatan mahasiswa dalam penelitian dosen untuk setiap
satu penelitian kompetitif dosen yang didanai fakultas pertanian 325 mahasiswa sampai 2023

3.2.1Surat Keterangan Pendamping Ijasah diterapkan 140 buah sampai 2023

3.2.2Kegiatan-kegiatan sertifikasi yang menunjang kemampuan akademik dan
soft skill terlaksana 55

3.3.1Kegiatan-kegiatan yang menunjang pencapaian prestasi tingkat nasional dan
internasional terlaksana 15 kegiatan

3.3.2Adanya peningkatan jumlah raihan prestasi mahasiswa di tingkat nasional dan internasional 15

3.4.1Presentase lulusan langsung bekerja meningkat 15%

3.5.1Jumlah dokumen PKM dan LKTI yang dikirimkan oleh mahasiswa meningkat (76)

3.5.2Jumlah Mahasiswa yang mengikuti KKN Internasional, Transfer kredit meningkat (122)

Sasaran strategis 4: Berkembangnya sumber daya manusia dosen, tenaga kependidikan, dan tenaga profesional untuk mendukung penyelenggaraan tri dharma perguruan tinggi dalam bidang pertanian tropika basah.

Sasaran Program

Indikator Kinerja Program

4.1 Meningkatkan jumlah Dosen Berkualifikasi S3

4.2 Meningkatkan kompetensi SDM dosen dan tenaga
kependidikan

4.3 Meningkatkan jumlah dan kualitas Dosen bersertifikat

4.1.1Jumlah dosen berkualifikasi S3 meningkat 55% tahun 2023

4.2.1Penambahan dosen baik berstatus PNS dan Tenaga Kependidikan laboratorium 50%

4.2.2Meningkatnya kuantitas dan kualitas kegiatan-kegiatan peningkatan kompetensi SDM dosen dan tenaga kependidikan 10

4.3.1Meningkatnya jumlah dosen dan tenaga kependidikan yang bersertifikat 100%

Sasaran strategis 5: Selarasnya kurikulum sesuai dengan tuntutan perkembangan zaman dalam upaya mencapai kurikulum berbasis kompetensi dengan orientasi pada peningkatan literasi pertanian tropika basah dan turunannya.

Sasaran Program

Indikator Kinerja Program

5.1 Menyelaraskan kurikulum dan implementasi kurikulum
berbasis kompetensi untuk menuju Prodi terakreditasi
Unggul

5.2 Meningkatkan peranan perpustakaan dalam mendukung
implementasi kurikulum berbasis kompetensi

5.1.1Revitalisasi kurikulum agar selaras dengan PIP univeritas, RI 4.0 dan KKNI terlaksana 100%

5.1.2Kegiatan-kegiatan pembaruan paradigma dan proses pembelajaran terkait dengan revitalisasi kurikulum berdasarkan PIP universitas, RI 4.0 dan KKNI terlaksana 100%

5.2.1Peningkatan jumlah buku koleksi dan langganan jurnal elektronik mencapai 1950 buah

5.2.2Peningkatan kualitas pelayanan perpustakaan dan pencarian koleksi dapat dilakukan secara online dengan memanfaatkan teknologi IT 100%

Sasaran strategis 6: Meningkatnya efektivitas pembiayaan untuk sarana dan prasarana tri dharma perguruan tinggi dan peningkatan pendapatan dari biaya pendidikan dan kerjasama.

Sasaran Program

Indikator Kinerja Program

6.1 Melakukan revitalisasi sarana prasarana pembelajaran

6.2 Meningkatkan iklim akademik di lingkungan Faperta
dengan menyediakan sarana pembelajaran mandiri

6.3 Meningkatkan jejaring, peran alumni dan stakeholders
terhadap pengembangan sarana prasarana penunjang
penelitian dan pengabdian masyarakat

6.1.1Pengadaan laboratorium penelitian dan pelayanan 50%

6.1.2Pemutakhiran peralatan laboratorium 50%

6.1.3Perbaikan dan peningkatan sarana dasar penunjang kegiatan tri darma 100%

6.1.4Akreditasi laboratorium 2 buah

6.1.5Kebun percobaan Teluk Dalam sebagai Agroedupark 100%

6.2.1Peningkatan sarana pembelajaran mandiri berbasis IT dan tempat-tempat diskusi mandiri 100%

6.3.1Peningkatan pendataan (tracer study) dan peranan alumni seperti program beasiswa dan pemanfaatan alumni dalam peningkatan kemampuan akademik dan soft skill mahasiswa 80%

6.3.2Terbentuknya Ikatan alumni sebagai wadah kamunikasi efektif untuk pengembangan Fakultas dan Jurusan/Program studi 5 buah

6.3.3 Adanya kontribusi stakeholder dan alumni dalam peningkatan kemampuan akademik dan soft skill mahasiswa 5 buah

6.3.4 Adanya kontribusi jejaring stakeholder dan alumni dalam pengembangan sarana prasarana penunjang kegiatan tri darma perguruan tinggi 5 buah

Sasaran strategis 7: Meningkatnya luaran penelitian dan pengabdian masyarakat dalam bidang pertanian tropika lembab dari sisi kuantitas dan kualitas, utamanya yang berorientasi pada penerapan teknologi tepat guna dan komersialisasi hak kekayaan intelektual.

Sasaran Program

Indikator Kinerja Program

7.1 Meningkatkan penelitian dengan menyediakan
dukungan dana dan membangun jejaring dengan
stakeholders penelitian dan pengabdian masyarakat.

7.2 Meningkatkan jumlah publikasi internasional, nasional
dan buku

7.3 Meningkatkan jumlah inovasi

7.4 Meningkatkan ekspose hasil-hasil penelitian dalam
bentuk seminar dan peran serta dalam ekshibisi di
tingkat nasional dan daerah

7.1.1Meningkatnya alokasi pendanaan penelitian dan pengabdian masyarakat
100%

7.1.2Meningkatnya alokasi pendanaan stimulan sebagai pembicara ilmiah dan
publikasi untuk dosen dan tenaga kependidikan 100%

7.1.3Jejaring penelitian dan pengabdian masyarakat dibangun berdasarkan
paradigma pembangunan kawasan terpadu dan pemanfaatan fasilitas-fasilitas
penelitian di fakultas 20 buah

7.2.1Meningkatnya alokasi dana untuk publikasi internasional, nasional, dan buku
100%

7.3.1Meningkatnya jumlah teknologi tepat guna, inovasi, varietas unggul, hak atas
kekayaan intelektual, dan/atau paten 20

7.3.2Tersedianya dana dan fasilitas penunjang peningkatan inovasi untuk dosen-
dosen 10

7.4.1Meningkatnya ekspose hasil-hasil penelitian melalui seminar rutin dua
bulanan, terlaksananya seminar Nasional rutin setiap tahun serta seminar
internasional 1 kali dalam dua tahun 100%

7.4.2Memiliki 4 buah jurnal online di Fakultas Pertanian terakreditasi Sinta 100%

7.4.3 Memiliki jurnal pengabdian pada masyarakat di Fakultas Pertanian 100%

Fasilitas Program Studi Peternakan

No

Fakultas dan Laboratorium

Jenjang

Rencana Tahun Pengusulan

1

Peternakan

S2

2021

2

Lab Nutrisi Ternak( Di Gedung Peternakan)

S1

2023

3

Lab Nutrisi Ternak( Di Gedung Peternakan)

S1

2021

4

Lab Produksi dan Reproduksi Ternak (Di Gedung Peternakan)

S1

2021

5

Lab Sosial Ekonomi Peternakan (Di Gedung Peternakan)

S1

2021

6

Lab Teknologi Hasil Ternak  (Di Gedung Peternakan)

S1

2021

7

Lab Agrostologi dan Teknologi Pakan  (Di Gedung Peternakan)

S1

2021

8

Kandang Koleksi Ayam 1 (OECF)

S1

2021

9

Kandang Koleksi Ayam 2 (OECF)

S1

2021

10

Kandang Koleksi Aneka Ternak (OECF)

S1

2021

11

Kadang Ayam Broiler (Teluk Dalam)

S1

2021

12

Kadang Sapi (Teluk Dalam)

S1

2021

13

Kadang Ayam Petelur (Teluk Dalam)

S1

2021